Berita

ICMI DIY Sambangi Penderita Kanker di RS Sardjito Priyo Setyawan

SINDO NEWS – Kamis, 17 Agustus 2017 – 01:10 WIB


 ICMI DIY Sambangi Penderita Kanker di RS Sardjito
 Ketua ICMI DIY Hery Zudianto secara simbolis membagikan bingkisan kepada penderita kanker di RSUP Sardjito Yogyakarta, Rabu (16/8/2017).

YOGYAKARTA – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) DIY melakukan bakti sosial (baksos) di RSUP Sardjito Yogyakarta, Rabu (16/8/2017). ICMI DIY membagikan bingkisan kepada pasien duafa penderita kanker yang ada di rumah sakit tersebut.

Ketua ICMI DIY Hery Zudianto meminpin langsung kegiatan tersebut. Direktur oprerasional RSUP Sardjito Joko Windoyo menerima kedatangan rombongan ICMI DIY di ruang bulat gedung administrasi rumah sakit setempat.

Bingkisan yang diberikan sebanyak 120 paket. Selain itu juga membagikan tali asih kepada mereka. Masing-masing untuk 62 pasien penderita kanker anak dan 58 pasien penderita kanker dewasa. Bingkisan itu diberikan langsung kepada pasien yang rawat inap dan yang berada di poliklinik.

Hery Zudianto mengatakan, selain sebagai bentuk kepedulian kegiatan ini juga untuk mengetahui kondisi penderita dan keluarga pasien penderita kanker. Diharapkan dengan adanya bingkisan tersebut dapat meringankan beban mereka, termasuk menjadi motivasi bagi pasien dalam menjalani perawatan.

“Ini penting sebab penderita kanker umumnya dari masyarakat bawah yang harus mendapat perhatian khusus,” kata mantan walikota Yogyakarta itu.

Menurut Hery, perhatian ini penting sebab rata-rata penderita kanker itu anak nomor satu. Sehingga dalam perawatan kedua orangtuanya harus terlibat. Hal inilah yang menjadikan terganggunya mata pencarian orang tua mereka. Sebab harus menunggui anaknya yang sakit.

Direktur oprerasional RSUP Sardjito Joko Windoyo mengucapkan terima kasih atas perhatian ICMI DIY terhadap penderita kanker, khususnya pasien duafa. “Semoga kepedulian ini memberikan manfaat bagi pasien dan keluarganya,” ungkapnya.

Penderita kanker yang berobat di RS Sardjito ini rata-rata 300 orang setiap hari dan yang rawat inap ada 47 orang. Mereka tersebar di tiga bangsal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *