Berita

Pertemuan IBC 24 Juli 2018

Pada tanggal 24 Juli 2018 kemaren, pengurus ICMI Orwil DI. Yogyakarta mengadakan pertemuan untuk menyikapi beberapa peristiwa penting yang terjadi di Indonesia saat ini. Pertemuan yang dihelat pada pukul 19.00-21.30 WIB itu dihadiri oleh Hamam Hadi, Nandang Sutrisno, Azidni Rafiqa, Andri Makuntoro dan Wahyudi.

Adapun poin-poin hasil pertemuan adalah sebagai berikut:

1. ICMI DIY akan segera menggelar sebuah diskusi terkait dengan momentum Pileg dan Pilpres April 2019.

2. Diskusi kemungkinan besar akan berupa round table discussion dengan melibatkan para pakar yang berkompeten.

3. Tema besar yang diusung dalam diskusi adalah perihal Civic Education (Pendidikan Kewargaan) agar pemilu 2018 bisa terselenggara secara bermartabat.

4. Pihak utama yang ditargetkan bisa terlibat dalam RTD adalah KPU pusat yang berkompeten dalam penyelenggaraan pemilu, disertai pakar parpol, pakar tata negara, ataupun politisi lintas parpol seperti Idham Samawi, Hanafi Rais, Dr. Sukamto, Pandu Puragabaya, dll. Bisa juga anggota DPD RI Dapil DIY seperti Afnan Hadikusuma, Cholid Mahmud, GKR Hemas, dan Hafid Asrom.

5. ICMI DIY perlu segera membuat list isu dan persoalan lokal maupun nasional yang perlu dikomunikasikan dengan perguruan tinggi di lingkungan DIY menuju kemitraan yang saling bermanfaat.

6. Ke depan, ICMI DIY perlu mencermati isu-isu strategis yang melingkupi kehidupan orang banyak seperti BPJS, plagiarisme di lingkungan akademik, penyegaran kembali wawasan kebangsaan, ideologi Pancasila, dll.

7. Pemilihan isu perlu juga disesuaikan dengan identitas dan visi kampus yang akan menjadi partner kerja. Contoh, isu character building berpartner dengan Taman Siswa, isu kebangsaan berpartner dengan Janabadra atau UPN, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *