Berita

Pertemuan PH/KD ICMI DIY Rabu, 29 Agustus 2018

Pertemuan PH/KD ICMI DIY
Rabu, 29 Agustus 2018
Pukul: 16.00-17.30
Lokasi: Jl. Golo 19 UH Yk
Peserta:
1. Achmad Charis Zubair
2. Prof. Bambang Cipto
3. Wahyudi

Poin-Poin Pembicaraan:
1. ICMI DIY sangat perlu memberikan sumbangsih pemikiran terkait penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019.

2. Sumbangsih pemikiran ICMI bisa digelar melalui penyelenggaraan kegiatan Seminar yang akan dilaksanakan pada kisaran September 2018.

3. Ide besar yang perlu diangkat dalam Seminar adalah perlunya peneguhan tentang Etika Politik, Politik Kebangsaan dan Politik Kenegaraan.

4. Gagasan Etika Politik sangat penting untuk dielaborasi dalam rangka mendorong hadirnya iklim politik yang sehat, sejuk, damai dan demokratis.

5. Norma-norma seputar Etika Politik perlu menghadirkan akademisi, kemudian berdampingan dengan praktisi, minimal Ketua Timses dua kubu tingkat Propinsi DIY agar netralitas dan independensi ICMI DIY bisa terjaga dengan baik.

6. Isu lain yang tak kalah penting untuk dipertajam adalah perlunya pemanfaatan medsos untuk edukasi politik sehingga mendorong lahirnya media yang berintegritas, terhindar dari content kasak-kusuk, hoax, hate speech, dan sejenisnya.

7. Seminar direncanakan akan dikemas dalam dua atau tiga sesi, dan hasilnya diharapkan bisa terbit menjadi buku, bisa buku fisik (ukuran buku saku?) , bisa juga buku digital, sehingga ICMI DIY akan meninggalkan jejak pemikiran lintas waktu dan lintas generasi.

8. Pada pertemuan berikutnya, diharapkan pembicaraan akan mengarah pada aspek-aspek lebih teknis seperti: lokasi kegiatan, hari dan tanggal, sub bahasan per sesi, dan narasumber serta moderator yang berkompeten masing-masing sesi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *