Berita

Kunjungan ICMI DIY ke UII Yogyakarta

Silaturahmi ICMI DIY – UII
Minggu, 30 Sept 2018
Pukul 15.30-17.15
Lokasi:
Rektorat UII

Peserta:
Rektor UII
Warek I, Warek II, Warek III
Direktur Kerjasama, dll.

ICMI DIY:
Prof. Dr. Bambang Cipto
Prof. Dr. Hamam Hadi
Dr. Nandang Sutrisno
Emy Edi Suandi
Afifah
Andri JPM
Wahyudi

Point-point Pembicaraan:

1. ICMI prihatin dengan kondisi bangsa. Setiap kali berlangsung seremoni pemilu, harapan akan munculnya putra terbaik bangsa selalu kandas. Berganti dengan munculnya orang-orang bermasalah. Ketentuan suara terbanyak berparalel dengan maraknya korupsi. Orang-orang yang terpilih selalu tersandra oleh kondisi untuk balik modal. Dengan menabrak berbagai rambu-rambu dan regulasi. Sehingga, begitu mudah untuk terseret kasus di JPK.

2. Seluruh regulasi pemilu 2018 sudah final. Proses sudah berjalan. Para kandidat juga sudah ada. Sekalipun demikian, ICMI DIY tetap berencana menggelar sebuah seminar seputar politik yang berkeadaban. Dengan harapan, tetap bisa memberikan kontribusi positif bagi proses maupun tahapan pileg dan pilpres yang sedang berlangsung.

3. Keprihatinan terhadap kondisi bangsa ternyata juga digelisahkan oleh UII. Bulan September 2018 misalnya, UII baru saja mengadakan Dialog Kebangsaan. Mengundang Prof. Mohd Mahfudz, Hamengku Buwono X, Prof. Azyumardi Azra, Zanzawi Imran, dll. Dihadiri oleh sekitar 1000 peserta, dan live streaming kegiatan dikunjungi oleh ribuan visitors.

4. UII siap bersinergi dengan ICMI DIY dalam penyelenggaraan salah satu edisi seminar. Oleh karena itu, kemitraan dalam seminar perlu terus diperluas. Melibatkan PTS terkemuka seperti UMY, UAD, dan lain-lain. Spektrum kemitraan, bilamana perlu, juga melibatkan PTS lain seperti USD, Atma Jaya, UKDW, dan sebagainya. Tergantung dari kesepakatan dan perspektif yang bisa dibangun.

5. Semakin luas spektrum kerjasama, sebenarnya legitimasi isu yang diangkat akan semakin kuat. Jika sebuah isu didukung oleh deretan lembaga seperti UII, ICMI DIY, Alma Ata, UMY, UAD, STIE Syariah, dan seterusnya, maka gema dan legitimasi wacana yang diangkat akan semakin luas dan kuat. Deretan ikon dan logo yang mendukung sebuah kemitraan juga akan melahirkan arus dukungan yang semakin bergaung ke mana-mana. Menembus batas-batasruangan, elemen dan kelembagaan.

6. Karena UII baru saja menyelenggarakan. Dialog Kebangsaan, maka serial seminar kemitraan UII – ICMI DIY, kemungkinan besar akan dilaksanakan pada sekitar bulan Januari, atau Februari 2018. Dengan sinergi yang nantinya diharapkan akan melibatkan MK. Kemitraan segitiga, UII, ICMI DIY dan MK. Sehingga, isu-isu strategis yang nantinya diangkat, juga akan bergema ke tingkat nasional.

7. Sama dengan harapan yang dibangun ICMI DIY selama ini, UII juga berharap agar hasil seminar nantinya akan terbit menjadi sebuah buku. Sehingga, ide-ide besar yang diangkat, tidak berhenti di ruang seminar. Melainkan akan terdokumentasikan secara permanen menjadi buku. Dengan target: ide-ide yang bergulir bisa menembus sekat ruang dan waktu.

8. Untuk mengawal aspek teknis dan jembatan komunikasi kedua belah pihak, ditunjuk Saudara Angga mewakili UII, dan Saudara Wahyudi newakili pihak ICMI DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *