Ary Nur Prabowo

Biasakan Berpikir dan Bertindak Positif = SUKSES

Oleh: Ary Nur Prabowo

Percaya atau tidak, sikap kita adalah cermin masa lampau. Pembicaraan kita di masa sekarang merupakan “peramal” bagi masa depan. Kondisi masa lalu, sekarang dan masa depan dapat tercermin dari bagaimana sikap kita sehari-hari. Camkan satu hal, sikap kita merupakan sahabat paling setia, namun juga musuh yang paling berbahaya. Sikap mental kita adalah sebuah pilihan, positif atau negatif.

Ada yang mengatakan bahwa sesungguhnya medan peperangan terbesar berada pada “PIKIRAN” kita. Karena “PIKIRAN” itu sangat kuat dan dapat mempengaruhi kehidupan seseorang.

Ada pepatah mengatakan : Menabur dalam “PIKIRAN” akan menuai “TINDAKAN” kita.

Menabur TINDAKAN akan menuai KEBIASAAN kita. Menabur KEBIASAAN akan menuai KARAKTER kita. Dan kalau sudah menjadi KARAKTER akan menjadi DNA kita.

Seorang motivator W.W. Ziegler berkata: “Tak akan ada yang dapat menghentikan orang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, tak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat membantu seorang bermental negatif.”

Jika kita berpikiran dan bertindak yang positif, potensial akan menghasilkan sesuatu yang baik. Kita lebih banyak berkreasi daripada bereaksi. Jelasnya, kita lebih berkonsentrasi untuk berjuang mencapai tujuan-tujuan yang positif daripada terus memikirkan hal-hal yang negatif yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan dan kebahagian seseorang tidak diukur dengan gelar kesarjanaan, kedudukan mau pun latar belakang keluarga. Yang dilihat adalah bagaimana cara berpikir dan bertindak orang itu. Memang kesuksesan lebih banyak dipengaruhi bagaimana kita berpikir dan bertindak.

Robert J. Hasting mengatakan: “Tempat dan keadaan tidak menjamin kebahagian. Kita sendiri yang harus memutuskan apakah kita ingin bahagia atau tidak. Begitu kita mengambil keputusan, maka insha Allah kebahagiaan akan datang.”

Dengan bersikap positif bukan berarti telah menjamin tercapainya suatu keberhasilan. Namun, bila sikap dan tindakan kita positif, setidak-tidaknya kita sudah berada di jalan menuju keberhasilan dan kesuksesan. Berhasil atau tidaknya kita akan ditentukan dengan apa yang dilakukan di masa sebelumnya.

Di bawah ini merupakan tips-tips yang dapat membantu bapak/ibu untuk menjalankan kegiatan-kegiatan dalam hidup kita. Kegiatan-kegiatan yang membuat kita sebagai manusia yang berpikiran positif. Beberapa tips tersebut, antara lain:

1. Pilihlah sebuah kutipan yang bernada positif setiap harinya. Tulislah kutipan tadi pada selembar kartu/kertas berukuran 3×5. Bawalah kartu tadi setiap hari selama sepekan/seminggu. Atau bisa ditempelkan di dinding kamar tidur kita yang bisa dibaca dan dilihat setiap harinya setiap bangun tidur. Baca dan camkanlah kutipan positif tadi secara berkala dalam sehari dan jadikan afirmasi. Misal: di meja kerja, dashboard mobil, atau cermin kamar mandi. Jadikanlah setiap kutipan tersebut bagian pemikiran anda selama sepekan.

Contoh:
“Seorang pemimpin yang baik adalah yang bisa membesarkan semangat dan harapan-harapan untuk anak buahnya”. (Napoleon Bonaparte).
“Hari ini saya ingin menolong orang sebanyak mungkin” (Harry Bullis).

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain=Khairunnas Anfa ‘Uhum Linnas”. (Hadist Nabi Muhammad SAW).

2. Pilihlah seseorang yang dalam hidup Anda berpikiran negatif. Cobalah cari hal-hal positif dari orang itu. Ubahlah pikiran-pikiran negatif Anda mengenai orang tersebut dengan hal-hal positif tadi! Sebagai orang beragama, tolong doakan orang tersebut dengan hal-hal positif tadi, dan mohonlah agar Tuhan menolongnya!”

3. Pilih satu hari istimewa dalam sepekan dan jadikanlah hari itu sebagai hari “10”. Bangunlah pada pagi hari dan yakinlah bahwa setiap orang yang akan Anda temui bernilai “10”=istimewa. Perlakukanlah mereka secara demikian! Anda pasti akan heran sendiri melihat tanggapan dari orang-orang yang selama ini Anda anggap remeh.

4. Tandai suatu hari dalam sepekan sebagai “hari berpikiran dan bertindak positif”. Hapuslah kata-kata “tidak dapat”, atau kata-kata lain yang senada dan usahakan agar Anda menemukan cara untuk mengatakan apa yang bisa Anda lakukan!

5. Paling tidak sekali dalam sepekan, carilah suatu kesempatan untuk bisa memberi kepada orang lain dengan tulus. Lakukanlah suatu yang khusus pada suami/istri atau pun anak-anak Anda. Berbuatlah suatu kebaikan pada seseorang yang belum Anda kenal!

Siapa yang ingin sukses? Kuncinya jangan pernah sekali-kali berpikiran negatif atau su’udzon! Buang jauh-jauh hal-hal dan kalimat-kalimat yang negatif dari pikiran Anda! Jangan pernah ada lagi kalimat-kalimat seperti: Hidupku penuh masalah, Aku tidak akan berhasil, Aku bodoh dan miskin, Masa depanku suram, Aku tak sanggup melakukannya, Aku belum siap untuk melakukannya, Itu bukan tanggung jawab kami, Sakitku tidak akan sembuh dan sebagainya…

You are what you think you are… Anda adalah apa yang Anda pikirkan… Itulah Anda… Jadi marilah mulai saat ini kita harus selalu berpikir dan bertindak positif…

Selamat melatih dan mengafirmasi diri Anda untuk menjadi lebih baik dan semoga Anda sukses…! Selamat mencoba……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *